Skip to main content

MINTA KOK BANGGA



Hai hai...lama sekali aku telah melupakan blog ini. 
Ampuni aku ya Tuhan.
Gak berasa kalo udah tahunan aku melupakan punya tempat ini buat berbagi tulisan dan kegundahan diri, ya maklum sih anaknya suka gabut dan baperan (minjem istilah anak milenial).

Jadi gini, tiba-tiba aku inget kalo aku dulu pernah punya blog (iya dulu..hehehe).
Terus dicek kan, masih aktif gak ya ini blog. Ee..ternyata masih donk.
Aah..senengnya aku.
Moga-moga sih habis ini gak cuman seneng aja, tapi ya mulai rajin nulis di blog ini (doakan aku..)

Nah, pertama-tama sih aku mau share tulisan yang pernah aku post dulu di Facebook.
Dulu sih tulisan ini kubuat karena aku gatel aja pada suatu ketika ada peristiwa yang membuat hati ini gedeg setengah mati. Terus baca-baca twitter pula..makin gemes donk. 
Terus jadilah tulisan ini. Ya ini sih kaya semacam rangkuman dari semua yang aku baca dan aku rasakan. 

Sila dibaca dan kalau ada salah-salah kata ya dimaafin yaaa. 


Sebenarnya sudah lama sekali ingin menulis soal ini karena beberapa waktu lalu sempet lumayan ramai dibahas di twitter. Namun baru selonya sih sekarang, setelah kemarin ada yang menyentil nurani. Nampaknya sekarang waktunya buat di bahas.


Budaya yang Indonesia sekali, dan sebenernya nyebelin : 
  1. Minta traktiran ULANG TAHUN
  2. Minta traktir pas orang RESIGN
  3. Minta trakhir pas habis beli BARANG BARU
  4. Minta gratisan ke temen yang PUNYA USAHA/JUALAN
  5. Minta OLEH-OLEH ke temen yang lagi liburan/pergi ke luar kota atau luar negeri


Buat point nomer 1, budaya ini kayaknya cuman ada di Indonesia deh. Karena kebiasaan di luar sana itu yang ulang tahun yang ditraktir dibahagiain, dikasih kado. Disini doang yang kebolak balik. Apa susyahnya patungan sama temen-temen yang lain beli cake ultah buat temen kamu yang lagi merayakan hari jadinya. Syukur-syukur bisa belikan temenmu itu kado. Nah kalo temenmu itu pengen nraktir makan-makan ya syukur alhamdulillah, at least jangan minta-minta lah.

Orang kok seneng banget MINTA. Sekali-kali NGASIH ngapa?!


Nah buat point nomer 2, ini nih juga enggak banget. Temen yang udah berani RESIGN pasti ada banyak pertimbangan kan, nah jangan bebani hidupnya demi buat nraktir kalian. Gak pada kasian apa? Ya kalo temen kamu dapat pesangon, ya kali orang RESIGN dapat pesangon. Kan kagak. Harusnya kalian yang kasih kado kenangan buat dia. 


Point nomer 3 ini yang aku gak ngerti banget darimana asalnya. Pokoknya enggak banget lah. Apaan juga nraktir temen karena kita habis beli motor baru atau mobil baru atau barang baru lainnya. Woii..beli barang baru ini nabung bertahun-tahun kita kakak. Dibelain gak jajan, gak nonton, gak foya-foya. Nah kalean ujug-ujug minta traktir. Darimana ceritanya?? Silahkan mikir sendiri. 


Untuk point nomer 4 ini, asli aku gemess banget sama budaya konyol nan tidak masuk akal ini. Hello...support temen yang punya usaha tuh tidak dengan cara minta gratisan teman-temanku tersayang. Kalian tahu merintis usaha atau jualan sesuatu itu butuh modal. Kalau kalian ingin bantu temen kalian, dibeli dong dagangannya, dilarisin, dipromoin. Tapiiii....jangan pernah sekali-kali minta harga temen. Hobi kok MINTA. Gak malu apa? Kalau temen kalian ini kasih harga khusus buat kalian ya alhamdulillah, tapi janganlah minta. Kalau bisa ya bayar harga biasa saja, syukur-syukur bayarnya lebih. Pasti temenmu seneng, bahagia. Kamupun juga bahagia. 


And the last is number 5. Ini nih yang sering banget kita dengar dan alami kan. Ya kan? Pas ada yang tahu kita mau bepergian entah itu tugas kantor atau liburan atau apapun, teman-teman disekitar kita pasti semangat banget minta OLEH-OLEH. Oleh-oleh pala lu! Jadi gini ya guys, orang bepergian itu kan macem-macem ya kan tujuannya. Ada yang tugas kantor, nah ini seringkali aku alami. Namanya tugas kantor uang saku ya dari kantor lah. Dan biasanya juga budget pas. Karena kan ada pertanggungjawaban ke kantor habis selesai tugas. Seringkalinya banyak orang GAK PEKA, dipikirnya tiap kali bepergian pasti bawa uang banyak. Ya iya uang banyak tapi kalo bukan uang sendiri loe mo apa? Mau nambahin? Enggak kan! Lain lagi dengan yang pergi liburan. 

Nah banyak orang masih gak peka, orang pergi liburan itu juga pasti banyak yang saving money for that. Mereka nabung bertahun-tahun agar supaya bisa pergi liburan. Dan pastinya budget uang saku juga udah mereka simpan untuk mereka sendiri. Bukan beliin kalian oleh-oleh. Ngerti gak? Jadi lain kali kalau ada temen yang akan bepergian better kalian ucapkan doa biar perjalanan dia selamat sampai tujuan, dan kembali dengan selamat. 

Bukan minta oleh-oleh. Mbok ya kalian sering-sering dengarkan lagu Bunda Rita Soegiarto “aku tidak minta oleh-oleh..emas permata dan juga uang...tapi kuharap engkau pulang..dengan membawa kesetiaan..”  Misal temen kalian bawain oleh-oleh bersyukurlah karena kalian punya teman yang perhatian. Asal bukan kalian yang merengek-rengek minta. Kasih yang jajan kagak, minta oleh-oleh rajin bener. Malu ah!



Kesimpulannya sih gini aja, budaya minta-minta ini mbok ya dihilangkan. Belajar untuk usaha sendiri. Pengen apa usaha, jangan minta gratisan aja. Jaman udah milenial tapi budaya beginian masih dipelihara. Sudah saatnya budaya baru kita lahirkan. Budaya MEMBERI. 


Budaya MEMBERI ini next dibahas ya guys. 






Comments

Popular posts from this blog

Dari mana Cinta berawal ?

Dari mana semua rasa ini bermula?  Awalnya sih biasa saja, ya mirip mirip lirik lagu jaman mama saya muda hahahaha. Jani begidi eh jadi begini, semua ini berawal dari kecintaan saya menonton drama Korea. Waktu itu dibela-belain beli dvd bajakan demi menonton serial drama Korea.  Biasanya sih saya sukanya menonton serial komedi romantis atau mellow drama. Tapi entah mengapa waktu itu saat browsing judul drama apa saja yang mendapatkan rating tinggi di negara asalnya, ada satu judul yang menjadi perhatian. IRIS (2009) IRIS, itu judul serial drama 20 episode buatan Korea Selatan. Salah satu yang menarik perhatian adalah pemain utamanya yaitu Lee Byung Hun. Karena si Oppa satu ini (yang sekarang udah jadi Bapak satu anak) telah membuatku jatuh cinta sejak main di All In (2003). Ada lagi si cantik Kim Tae Hee yang waktu itu salah satu dramanya pernah ditayangkan salah satu televisi swasta My Princess.  Singkat cerita saya memantapkan hati untuk membeli dvd bajakannya.

Welcoming July 2020

Welcoming July Selamat datang bulan Juli. Tak terasa sudah setengah tahun kita jalani. 2020, tahun yang tidak mudah buat kita semua kan? Saat kita tarik ke belakang, Januari kita jalani dengan rasa positif yang membuncah, terlebih karena tahun ini angkanya cantik sekali (walaupun tidak ada hubungannya sih). Februari masih mampu kita lalui dengan tawa renyah dan banyak lelucon. Kemudian semua perlahan berubah, saat Maret datang. Dunia dipaksa untuk berjalan perlahan, bahkan ada yang terpaksa berhenti sejenak.  Pada saat itu kita masih berharap semoga April akan lebih baik, tapi ternyata tidak semudah itu. Buat banyak orang April adalah bulan yang sulit. Sekali lagi kita berharap Mei akan lebih baik, tapi kita masih harus menelan kecewa karena banyak yang lebih terpuruk. Saat Juni datang, rasanya kita sudah lelah untuk berjuang dan bertahan. Tapi kita tidak ada pilihan lain untuk terus berjalan meskipun tertatih. Banyak orang mengatakan bahwa kita berada di kapal yang sama,